"GAME BASED LEARNING"
Apa yang dimaksud dengan Game Based Learning?
PENGERTIAN GAME-BASED LEARNING
Game-Based Learning adalah metode pembelajaran yang menggunakan aplikasi permainan/game yang telah dirancang khusus untuk membantu dalam proses pembelajaran. Game-based learning (game learning atau educational game) merupakan jenis serious game yang didesain untuk tujuan tertentu. Dengan menggunakan Game-Based Learning kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric. Game-Based Learning adalah salah satu metode pembelajaran yang dirasa cocok dengan kondisi dari generasi digital sekarang ini karena tiga alasan berikut ini :
1. Menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan membuat semakin motivasi siswa untuk belajar.
2. Kompetisi dan kerjasama tim dalam menyelesaikan misi yang ada dalam aplikasi game juga dapat menambahkan komponen motivasi pada siswa.
3.Umpan balik yang cepat dan spesifik memberikan kemudahan bagi siswa untuk memikirkan cara lain yang tepat untuk menyelesaikan penugasannya.
Tapi memang ada dampak buruk yang bisa jadi timbul, di antaranya :
1.Adanya anggapan bahwa ini hanya sekedar permainan/game.
2.Jika anda kalah dalam game ini tinggal mencoba lagi dengan memulainya dari awal.
3.Memainkan game tanpa menikmati alur yang sudah disiapkan oleh game tersebut.
KARAKTERISTIK GAME-BASED LEARNING :
1. Ada tantangan dan penyesuaian : tersedia tantangan yang semakin kompleks, peserta didik dapat menyesuaikan tingkat kesulitan jika diperlukan. Dalam game terdapat level- level, makin tinggi levelnya maka tingkat kesulitannya juga makin tinggi.
2. Menarik dan mengasyikkan : game mampu membuat peserta didik asyik dalam sebuah aktifitas yang mereka pahami tujuannya serta berkaitan dengan pencapaian kompetensi mereka.
3. Tidak menggurui dan berdasar pada pengalaman : peserta didik tidak harus dilatih terlebih dahulu untuk memainkan game, biarkan peserta didik langsung mencoba bermain, mereka mungkin akan kalah atau gagal, lalu mengulang dan memperbarui strategi dalam bermain
4. Interakatif : peserta didik berinteraksi dengan cara menanggung akibat dari tindakan yang mereka lakukan dan dengan melihat pengaruhnya terhadap game yang dimainkannya.
5. Umpan balik : peserta didik dapat menarik kesimpulan dari umpan balik yang diberikan tentang bagaimana tindakan mereka dapat menimbulkan efek tertentu
6. Sosial dan kerja sama : game harus dapat meningkatkan dialog serta pertukaran pendapat dan pengetahuan diantara para pemain
7. Keahlian : Semua peserta didik dalam satu kelas tidak diasumsikan memiliki kemampuan yang sama, ada beberapa peserta didik yang dijadikan asisten untuk membantu peserta didik lainnya menjelaskan tentang game dan bagaimana cara memainkannya.
8. Perenungan : peserta didik harus diberikan kesempatan untuk mengevaluasi kinerja mereka dan apa yang mereka pelajari dari memainkan sebuah game, misalnya kenapa mereka gagal/kalah dan bagaimana cara mengatasinya agar tak terulang lagi.
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN GAME-BASED LEARNING :
Kelebihan
1. Menjadikan siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran.
2. Membuat siswa berinteraksi atau berperan langsung dalam pembelajaran, sehingga siswa dapat lebih mudah memahami materi tersebut.
3. Guru dapat mengevaluasi siswa secara langsung pada saat permainan.
4. Permainan dapat berkesan dengan kuat dan bertahan lama dalam ingatan siswa.
5. Menumbuhkan rasa nyaman, menarik dan menyenagkan dalam proses pembelajaran yang dinilai siswa selalu membosankan.\
Kekurangan
1. Membutuhkan alat atau instrumen lebih.
2. Suasana kelas sering tidak kondusif.
3. Membutuhkan waktu yang cukup banyak.
4. Pesiapan dan langkah-langkah yang dilakukan harus dipersiapkan dan diujicobakan terlebih dahulu, sehingga membutuhkan proses yang cukup panjang.
Suasana kelas aktif tetapi sering menimbulkan kegaduhan sehingga menggangu kelas lain.
0 komentar:
Posting Komentar